Generasi Suzuki GSX 1000cc



Image result for suzuki gsx 1000r

Suzuki GSX-R1000 adalah motor sport dari sepeda motor seri GSX-R Suzuki. Ini diperkenalkan pada tahun 2001 untuk menggantikan GSX-R1100 dan ditenagai oleh mesin 999 cc (61,0 cu in) yang didinginkan dengan cairan, empat silinder, mesin empat langkah.

2001 (K1, K2)

Untuk tahun 2001, Suzuki memperkenalkan model GSX-R baru yang menggantikan model terbesar dan paling kuat dari motor sport seri GSX-R, GSX-R1100, dengan GSX-R1000 yang semuanya baru. Mesin GSX-R1000 adalah mesin GSX-R750 yang didesain ulang. R1000 memiliki bore 1 mm (0,04 in) lebih besar dan stroke 13 mm (0,51 in) lebih lama, piston yang dirancang baru dengan mahkota lebih rendah, dan counter balancer yang digerakkan oleh gigi. Mesinnya berbobot 130 lb (59 kg) yang sedikit lebih berat dari mesin 750 tetapi 31 lb (14 kg) lebih ringan dari mesin GSX1300R. Performa mesin adalah puncak 160 bhp (119 kW) pada 9.500 rpm, yang diukur pada engkol dan 143 hp (107 kW), ketika diukur pada roda belakang dengan variasi kecil antara berbagai contoh yang sama. model. Garis merah diatur pada 12.000 rpm. Torsi maksimum mesin adalah 80 ft⋅lbf (108 N⋅m) pada 8.000 rpm. Dikombinasikan dengan berat total (kering) 374 lb (170 kg), ini memberi GSX-R1000 kecepatan tertinggi 173 mph (278 km / jam), waktu 1/4 mil 10,1 detik 10,1 detik pada 141,7 mph ( 228,0 km / jam), dan waktu 0 hingga 100 km / jam (62 mph) 3 detik.

2003 (K3, K4)

Setelah GSX-R1000 telah tiga tahun di jalan dan trek balap, Suzuki mengeluarkan versi baru model pada akhir September 2002. Rem depan juga baru. Suzuki memutuskan untuk menjatuhkan kaliper enam piston. Kaliper empat piston yang baru dipasang secara radial memiliki bobot 30 gram lebih sedikit dan grip cakram 300 mm (11,8 in.) Yang lebih kecil yang menghemat 300 g (11 oz) lainnya. Lampu utama GSX-R1000 tahun 2003 dipasang secara vertikal untuk memungkinkan asupan udara di bagian depan ditempatkan 20 mm (0,79 in) lebih dekat dengan garis tengah motor. Perpindahan silinder mesin tetap sama 988 cc (60,3 cu in), tetapi lebih banyak tenaga / torsi dan respons throttle yang lebih baik telah dicapai dengan menambahkan empat lubang ventilasi antara silinder untuk menyamakan tekanan bak mesin di bawah piston, memindahkan asupan udara lebih dekat ke garis tengah dan meningkatkan sistem manajemen engine dari ECU 16-bit ke 32-bit. Seluruh sistem pembuangan sekarang terbuat dari titanium untuk menghemat 1,32 lb (0,60 kg) tambahan dan lampu ekor diganti dengan kebudidayaan dunia.

2005 (K5, K6)

Model tahun 2005 GSX-R1000 memiliki mesin dan sasis yang didesain ulang. Bobotnya 4,4 lb (2,0 kg) lebih rendah dari model sebelumnya dan mesin memiliki perpindahan piston 11 cc (0,67 cu in) lebih besar. Itu memiliki kerangka yang sama sekali baru mengurangi panjang total sepeda sebesar 1,6 in (41 mm) tetapi mengurangi wheelbase hanya 0,02 in (0,51 mm). Ada rem baru dengan kaliper yang dipasang radial dan cakram 310,2 (12,2 in) di bagian depan. Peredam titanium baru (katalitik di Eropa) dikatakan dirancang untuk mengurangi turbulensi menjadi minimum. Model ini berbobot hanya 365 lbs kering, menempatkannya di bagian atas grafik rasio power-to-weight. Pengurangan berat ini datang pada biaya masalah daya tahan dengan model 2005-2006 mengalami retak bingkai.

2007 (K7, K8)

Pada 22 September 2006, Suzuki mengungkapkan GSX-R1000 yang diperbarui secara signifikan untuk 2007 di pameran motor Paris. Motor baru ini naik 14 lb (6,4 kg) dibandingkan model 2006 yang disebabkan oleh sistem gas buang baru dan peraturan emisi baru. Untuk mengatasi kenaikan berat badan ini, Suzuki mengklaim aerodinamika yang ditingkatkan bersama dengan mesin revving yang lebih cepat dan bodi throttle yang lebih besar. Meskipun bukan model yang sama sekali baru, mesin dan sasis telah diperbarui. Ini juga menampilkan tiga konfigurasi pemetaan mesin yang berbeda, dapat dipilih melalui dua tombol yang terletak di stang kanan.

2017 (L7)

Model 2017, diperkenalkan kepada wartawan di EICMA pada akhir 2016, memiliki mesin yang didesain ulang secara signifikan pertama sejak pembaruan mesin terakhir pada model 2009. Mesin baru ini memiliki batas RPM yang lebih tinggi dan tidak ada poros penyeimbang untuk memadamkan getaran, juga timing katup variabel mekanis yang digunakan selama sepuluh tahun oleh Suzuki di MotoGP dan dikendarai dengan throttle kabel. Model ini adalah yang pertama mendapatkan penambahan kontrol traksi dengan unit pengukur inersia (IMU) yang mengukur yaw, roll, dan pitch, juga semua pencahayaan kini LED. Hal pertama lainnya untuk GSX-R adalah penggunaan pengukur bahan bakar pada model ini. Seiring dengan model GSX-R1000 2017 yang baru, Suzuki juga telah merilis model spec GSX-R1000R; model R ini dilengkapi dengan Sistem Rem Track Bergerak, shifter cepat dua arah, dan kontrol luncur. Juga pada model R, seperti yang dilaporkan oleh Sport Rider, adalah garpu Showa Balance Free Front (BFF) yang sama dan guncangan Balance Free Rear Cushion (BFRC Lite) yang menjadi standar pada Kawasaki ZX-10R 2016. Spesifikasinya adalah 199 tenaga kuda pada 13.200 rpm (diklaim), 157,2 (roda belakang), torsi 86 lb-ft pada 10.000 rpm (diklaim) dan 76,3 lb⋅ft (103,4 N⋅m) (roda belakang); 76,0 mm x 55,1 mm dengan stroke x, dan rasio kompresi 13,2: 1.

Suzuki Motor Corporation adalah perusahaan multinasional Jepang yang berkantor pusat di Minami-ku, Hamamatsu. Suzuki memproduksi mobil, kendaraan penggerak empat roda, sepeda motor, kendaraan segala medan (ATV), mesin kelautan tempel, kursi roda dan berbagai mesin pembakaran internal kecil lainnya. Pada tahun 2016, Suzuki adalah produsen mobil terbesar kesebelas dengan produksi di seluruh dunia. Suzuki memiliki lebih dari 45.000 karyawan dan memiliki 35 fasilitas produksi di 23 negara, dan 133 distributor di 192 negara. Volume penjualan mobil di seluruh dunia adalah yang kesepuluh terbesar di dunia, sedangkan volume penjualan domestik adalah yang terbesar ketiga di negara ini.

Sejarah Berdirinya Suzuki
Pada tahun 1909, Michio Suzuki (1887–1982) mendirikan Suzuki Loom Works di desa pantai kecil Hamamatsu, Jepang. Bisnis berkembang pesat ketika Suzuki membangun alat tenun untuk industri sutra raksasa Jepang. Pada tahun 1929, Michio Suzuki menemukan mesin tenun tipe baru, yang diekspor ke luar negeri. 30 tahun pertama perusahaan berfokus pada pengembangan dan produksi mesin-mesin ini.

Terlepas dari kesuksesan alat tenunnya, Suzuki percaya bahwa perusahaannya akan mendapat manfaat dari diversifikasi dan dia mulai melihat produk-produk lain. Berdasarkan permintaan konsumen, ia memutuskan bahwa membangun mobil kecil akan menjadi usaha baru yang paling praktis. Proyek ini dimulai pada tahun 1937, dan dalam dua tahun Suzuki telah menyelesaikan beberapa mobil prototipe kompak. Kendaraan bermotor Suzuki pertama ini ditenagai oleh mesin yang inovatif, cairan, empat tak, dan empat silinder. Itu memiliki crankcase aluminium cor dan gearbox dan menghasilkan 13 tenaga kuda (9,7 kW) dari perpindahan kurang dari 800cc.

Dengan dimulainya Perang Dunia II, rencana produksi untuk kendaraan baru Suzuki dihentikan ketika pemerintah menyatakan mobil penumpang sipil "komoditas yang tidak penting." Di akhir perang, Suzuki kembali memproduksi alat tenun. Produksi alat tenun diberi dorongan ketika pemerintah AS menyetujui pengiriman kapas ke Jepang. Nasib Suzuki mulai cerah ketika pesanan mulai meningkat dari produsen tekstil dalam negeri. Tapi sukacita itu berumur pendek karena pasar kapas runtuh pada tahun 1951.


Menghadapi tantangan kolosal ini, Suzuki kembali ke produksi kendaraan bermotor. Setelah perang, Jepang sangat membutuhkan transportasi pribadi yang terjangkau dan andal. Sejumlah perusahaan mulai menawarkan "clip-on" mesin bertenaga gas yang dapat melekat pada sepeda khas. Kendaraan roda dua pertama Suzuki adalah sepeda yang dipasangi motor bernama "Power Free." Dirancang untuk menjadi murah dan sederhana untuk dibangun dan dirawat, 1952 Power Free memiliki mesin 36 cc, satu tenaga kuda, dua tak. Sistem roda gigi sproket ganda yang baru memungkinkan pengendara untuk mengayuh pedal dengan bantuan engine, pedal tanpa bantuan engine, atau cukup melepaskan pedal dan menjalankan daya mesin saja. Kantor paten dari pemerintahan demokratis baru memberikan Suzuki sebuah subsidi keuangan untuk melanjutkan penelitian di bidang teknik sepeda motor.

Comments

Popular Posts