Apakah Fungsi Kalbulator Pada Kendaraan ?


Image result for karburator mobil

Karburator adalah perangkat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk mesin pembakaran internal dalam rasio udara-bahan bakar yang tepat untuk pembakaran. Karburator sebagian besar telah digantikan dalam otomotif dan, pada tingkat lebih rendah, industri penerbangan dengan injeksi bahan bakar. Mereka masih umum pada mesin kecil untuk mesin pemotong rumput, rototiller dan peralatan lainnya.

Fixed-venturi

Memvariasikan kecepatan udara di venturi mengendalikan aliran bahan bakar, jenis karburator yang paling umum ditemukan pada mobil.

Variable-venturi

Karburator ini juga disebut sebagai karburator "kecepatan konstan" atau "vakum konstan". Variasi yang menarik adalah karburator Ford VV (variabel venturi), yang pada dasarnya adalah karburator venturi tetap dengan satu sisi venturi berengsel dan bergerak untuk memberikan tenggorokan sempit pada putaran rendah dan putaran lebih lebar pada putaran tinggi. Ini dirancang untuk memberikan pencampuran yang baik dan aliran udara pada rentang kecepatan engine, meskipun karburator VV terbukti bermasalah dalam servis.

Basics

Karburator terdiri dari pipa terbuka yang melaluinya udara masuk ke manifold saluran masuk engine. Pipa dalam bentuk venturi: menyempit di bagian dan kemudian melebar lagi, menyebabkan aliran udara meningkat dalam kecepatan di bagian tersempit. Di bawah venturi adalah katup kupu-kupu yang disebut katup throttle - cakram berputar yang dapat diputar ujung-ke aliran udara, sehingga hampir tidak membatasi aliran sama sekali, atau dapat diputar sehingga hampir (hampir) sepenuhnya menghalangi aliran udara. Katup ini mengontrol aliran udara melalui tenggorokan karburator dan dengan demikian jumlah campuran udara / bahan bakar yang dihasilkan sistem, dengan demikian mengatur tenaga dan kecepatan engine. Throttle terhubung, biasanya melalui kabel atau hubungan mekanis batang dan sambungan atau jarang dengan link pneumatik, ke pedal akselerator pada mobil, tuas throttle di pesawat terbang atau kontrol setara pada kendaraan atau peralatan lain.


Off-idle circuit

Ketika katup throttle dibuka sedikit dari posisi tertutup sepenuhnya, pelat throttle membuka lubang pengiriman bahan bakar tambahan di belakang plat throttle di mana ada area tekanan rendah yang diciptakan oleh throttle plate / Valve yang menghalangi aliran udara; ini memungkinkan lebih banyak bahan bakar mengalir serta mengkompensasi pengurangan vakum yang terjadi ketika throttle dibuka, sehingga memperlancar transisi ke aliran bahan bakar meteran melalui sirkuit throttle terbuka reguler.

Main open-throttle circuit
Ketika katup throttle dibuka secara progresif, vakum manifold berkurang karena ada sedikit pembatasan aliran udara, mengurangi aliran bahan bakar melalui sirkuit idle dan off-idle.
Ini adalah ketika bentuk venturi dari tenggorokan karburator ikut bermain, karena prinsip Bernoulli (yaitu, ketika kecepatan meningkat, tekanan turun). Venturi meningkatkan kecepatan udara, dan ini kecepatan yang lebih tinggi dan dengan demikian tekanan yang lebih rendah menghisap bahan bakar ke aliran udara melalui nosel atau nosel yang terletak di tengah venturi. Kadang-kadang satu atau lebih penguat venturis tambahan ditempatkan secara koaksial dalam venturi primer untuk meningkatkan efeknya.



Power valve

Untuk operasi throttle terbuka, campuran bahan bakar / udara yang lebih kaya akan menghasilkan lebih banyak daya, mencegah peledakan pra-penyalaan, dan menjaga engine tetap dingin. Ini biasanya diatasi dengan "power valve" pegas, yang dipegang dengan vakum mesin. Saat katup throttle terbuka, vakum manifold berkurang dan pegas membuka katup untuk membiarkan lebih banyak bahan bakar ke sirkuit utama. Pada mesin dua langkah, pengoperasian katup daya adalah kebalikan dari normal - normalnya "hidup" dan pada putaran yang disetel dimatikan ". Ini diaktifkan pada putaran tinggi untuk memperpanjang rentang putaran mesin, memanfaatkan kecenderungan dua langkah untuk putaran yang lebih tinggi untuk sementara saat campurannya ramping.

Accelerator pump

Bensin cair, lebih padat daripada udara, lebih lambat dari udara untuk bereaksi terhadap gaya yang diberikan padanya. Ketika throttle dibuka dengan cepat, aliran udara melalui karburator segera meningkat, lebih cepat daripada laju aliran bahan bakar yang meningkat. Juga tekanan udara di manifold meningkat, mengurangi penguapan bahan bakar, sehingga uap bahan bakar lebih sedikit terhisap ke dalam mesin. Suplai udara sementara yang relatif terhadap bahan bakar ini menyebabkan campuran lean, yang membuat mesin macet efek yang berlawanan dengan yang diminta dengan membuka throttle. Ini diperbaiki dengan menggunakan piston kecil atau pompa diafragma yang, ketika digerakkan oleh hubungan throttle, memaksa sejumlah kecil bensin melalui jet ke tenggorokan karburator. Semburan ekstra bahan bakar ini menangkal kondisi lean sementara pada throttle tip-in. Sebagian besar pompa akselerator dapat disesuaikan untuk volume atau durasi dengan beberapa cara. Akhirnya, segel di sekitar bagian pompa yang bergerak aus sehingga output pompa berkurang; pengurangan tembakan pompa akselerator ini menyebabkan sandungan di bawah akselerasi sampai segel pada pompa diperbarui.

Choke

Ketika mesin dingin, bahan bakar menguap lebih mudah dan cenderung mengembun di dinding intake manifold, membuat silinder bahan bakar kelaparan dan membuat mesin sulit untuk memulai; dengan demikian, campuran yang lebih kaya (lebih banyak bahan bakar ke udara) diperlukan untuk menghidupkan dan menjalankan mesin sampai memanas. Campuran yang lebih kaya juga lebih mudah dinyalakan.

Other elements

Membuat mesin dingin, bahan bakar lebih mudah dan mudah mengembun di dinding intake manifold, membuat bahan bakar silinder membuat dan membuat mesin sulit untuk memulai; dengan demikian, campuran yang lebih kaya (lebih banyak bahan bakar ke udara) diperlukan untuk memulai dan menjalankan mesin sampai memanas. Campuran yang lebih kaya juga lebih mudah dinyalakan.

Comments

Popular Posts